Pages

Senin, 21 Oktober 2013

JAMAH HAJI NTB 2013

TEMPO.CO, Mataram - Para jemaah haji asal Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini Ahad 13 Oktober 2013 mulai bergerak diberangkatkan menuju Arafah. Sampai Senin 14 Oktober 2013 besok mereka menjalankan wukuf.

Dari 3.592 calon jamaah haji NTB yang diberangkatkan terbagi 12 kelompok terbang (kloter), tiga orang--dua orang asal Kabupaten Lombok Timur dan seorang asal Lombok Tengah telah meninggal dunia.

Kepala Bidang Urusan Haji Dan Perjalanan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB Haji Maad Umar meminta keluarga para jamaah agar ikut melayangkan doa demi kesehatan dan keselamatan jamaah yang mulai berangkat ke Arafah. "Agar para jamaah tenang menjalankan ibadah," kata Maad kepada Tempo, Ahad 13 Oktober 2013 pagi.

Selama di Mekkah, mereka berada di maktab-maktab yang lokasinya di Hafair, Syari Mansur dan Misfalah. Dari Arafah mereka akan diangkut menggunakan sistem Taradudi antarjemput sewaktu mabit di Musdalifah sebelum ke penginapan di Mina. Sewaktu di Mina, para jamaah haji asal NTB diantara jamaah haji Indonesia ditempatkan di kompleks tenda yang disiapkan di Muaysin dan Mina Jadid.

Sampai hari ini, semua jamaah haji asal NTB telah berada di Mekkah. Sebelumnya, mereka menjalankan ibadah salat Arbain (40 waktu) di Masjid Nabawi Madinah. Dari 12 kloter haji asal NTB, hanya dua kloter terakhir yang belum ke Madinah. Setelah selesai menunaikan kewajiban Wukuf dan melontar Jamrah, mereka yang termasuk kloter 11-12 baru akan menuju Madinah.

Jadwal kepulangan para jamaah haji asal NTB yang diangkut Garuda, dimulai Senin 17 Oktober 2013 pukul 17 Waktu Indonesia Tengah sudah sampai di Bandar Udara Internasional Lombok. Waktu tempuh perjalanan dari Jedah selama sekitar 12 jam. Selisih waktu Lombok dan Saudi Arabia adalah lima jam. Jadwal kepulangan terakhir jamaah haji NTB 17 Nopember 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syukron Katsir Telah berkunjung di My Blog Rizal EnsyaMada_@Rizal_EsnyaMada