Pages

Senin, 21 Oktober 2013

Komet ISON akan lintasi bumi

Merdeka.com - Langit malam di bulan Oktober ini memang akan berwarna. Setelah sebelumnya disambangi gerhana bulan, kabarnya di akhir bulan akan muncul pula komet paling terang dalam setahun ini.
Ya, seperti yang dilansir Austrian Tribune (17/10), munculnya komet ISON di langit bumi sepertinya akan terjadi lebih cepat. Setelah sebelumnya diprediksi akan melempem, ternyata komet ini diperkirakan masih akan bersinar terang dan hadir lebih cepat di bulan kesepuluh ini.
Para peneliti bisa menarik kesimpulan demikian setelah mereka berhasil mengamati ISON melalui lensa teleskop. Dari pengamatan tersebut, terbongkarlah seperti apa jalur ISON hingga akhir tahun ini.
Menurut perkiraan, ISON akan nampak pertama kali pada akhir Oktober ini. Kemudian, bentuknya bisa dilihat mata telanjang pada akhir November hingga minggu pertama Desember.
"Komet ini sekarang telah melintasi Mars di awal bulan, kemungkinan akan muncul di horizon kota pada 30 Oktober dan semua orang di dunia akan bisa menyaksikannya lewat teleskop sekitar 40 menit sebelum matahari terbit," kata Arvind Paranjpye, direktur Nehru Planetarium.
Sebagai catatan, dalam memantau obyek angkasa, harap pilih tempat yang bebas dari gangguan gedung atau pepohonan tinggi di horizon. Selain itu, hindari polusi cahaya yang bisa meredupkan cahaya bintang atau benda angkasa lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syukron Katsir Telah berkunjung di My Blog Rizal EnsyaMada_@Rizal_EsnyaMada