Pages

Selasa, 08 Oktober 2013

Saluran Es Raksasa Ditemukan di Bawah Antartika



detail berita
(Foto: Science20)
LONDON - Saluran es raksasa dengan ukuran setinggi menara Eiffel ditemukan di bawah ice shelf (es yang mengapung) di Antartika (Kutub Selatan). Memiliki tinggi 250 meter, objek ini menjadi perhatian dan penelitian oleh ilmuwan.
Dilansir Science20, Senin (7/10/2013), saluran es raksasa ini kabarnya membentang ratusan kilometer di sepanjang ice shelf. Objek tersebut juga tampaknya berpengaruh terhadap stabilitas lapisan es apung tersebut.
Ilmuwan menggunakan gambar satelit dan pengukuran radar dari udara untuk mengungkap saluran di bawah Kutub Selatan ini. Peneliti mengatakan, saluran ini terlihat di permukaan lapisan es. Lapisan es ini bisa mengapung pada ketinggian yang berbeda, tergantung dari ketebalannya.
Peneliti juga memprediksi jalur lelehan mengalir di bawah bagian dari lapisan es, yang berhubungan dengan daratan. Ilmuwan menggunakan pemetaan gambar dari MODIS Mosaic of Antarctica.
"Jika kita ingin memahami perilaku lapisan es dan kontribusinya terhadap perubahan permukaan laut, kita perlu memahami peran air di dasar lapisan es. Informasi yang diperoleh dari saluran yang baru ditemukan ini memungkinkan kami untuk memahami lebih lengkap bagaimana sistem air bekerja dan bagaimana lapisan es berperilaku di masa depan," jelas Anne Le Brocq dari University of Exeter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syukron Katsir Telah berkunjung di My Blog Rizal EnsyaMada_@Rizal_EsnyaMada